Cara Mengecilkan Perut Usia 40 Tahun Ke Atas Yang Aman -->

Advertisement 970x90px

Cara Mengecilkan Perut Usia 40 Tahun Ke Atas Yang Aman

Diah Dwi Arti

Cara-mengecilkan-perut-usia-40-tahun


Memasuki usia 40 tahun pertumbuhan yang terjadi pada manusia mulai melambat. Begitu juga ketika muncul luka pada tubuh maka tingkat penyembuhan akan berkurang. Lalu bagaimana jika terjadi penumpukan lemak di perut? Apakah ada cara jitu mengecilkan perut usia 40 tahun ke atas?

Akibat gaya hidup yang buruk seperti bekerja dengan duduk setiap hari dalam waktu yang lama. Konsumsi alkohol juga menimbulkan perut buncit. 

Menerapkan gaya hidup sehat di usia 40-an sudah menjadi kewajiban. Bukan hanya karena perut buncit saja yang jadi masalah, tetapi juga berbagai jenis penyakit yang bisa muncul. Misalnya saja masalah stroke, diabetes, jantung dan masih banyak lainnya. 

Apabila terlanjur memiliki perut buncit, ada beberapa cara yang bisa Anda ikuti supaya perut kembali kecil. Bagaimana caranya intip cara jitunya berikut ini. 

Cara Jitu Mengecilkan Perut Buncit Usia 40 Tahun ke Atas yang Aman


Tantangan terbesar ketika hendak mengecilkan perut bagi usia 40 tahun ke atas adalah perubahan gaya hidup. Sangat sulit untuk mengubah gaya hidup yang tadinya sembarangan jadi lebih teratur. Contohnya saja untuk makanan, jika dulunya seringkali ngemil snack instan atau makan fast food sekarang harus berubah ke makanan bergizi. 

Contohnya saja sayuran yang banyak serat atau buah yang kaya vitamin. Dengan begitu ada banyak sekali asupan makanan bergizi yang baik untuk mengecilkan perut. Ketika usia mencapai 40 tahun maka menurunkan berat badan apalagi mengecilkan perut jadi hal yang sulit. 

Karena perubahan tubuh yang terjadi melambat, ditambah lagi aktivitas tubuh tidak bisa seaktif masa muda. Tapi jika dilakukan dengan telaten pasti perut yang berlemak bisa mulai mengecil. Apabila Anda berencana untuk mengecilkan perut buncit, beberapa cara jitu mengecilkan perut buncit usia 40 tahun ke atas berikut ini bisa dilakukan. 

Jangan Melakukan Diet Ketat

Hal pertama yang harus diingat ketika ingin meratakan perut buncit ketika usia sudah 40 tahun ke atas adalah jangan memilih melakukan diet ketat. Justru ketika berat badan mengalami penurunan yang drastis akan berbahaya bagi tubuh. 

Jangan karena ingin cepat Anda lantas tidak makan nasi atau menjadi vegetarian tiba-tiba. Diet ketat masih mampu dilakukan oleh orang-orang yang usianya masih muda. Untuk meratakan perut cukup dengan kontrol jenis makanan saja. 

Lemak di perut disebabkan paling besar oleh makanan kaya minyak. Makanan tersebut terhidrogenasi dan lemak akhirnya menumpuk. Apalagi untuk jenis makanan dengan kandungan lemak tak jenuh bisa merusak jaringan otot. 

Diet-mengecilkan-perut


Menentukan Tujuan dengan Tepat

Cara jitu mengecilkan perut usia 40 tahun ke atas adalah dengan menentukan apa tujuan sejak awal. Tujuan inilah yang menjadi tolak ukur keberhasilan nantinya dan menjadi penambah semangat. Diet yang tidak memiliki tujuan akan membuat diri menjadi malas. 

Untuk menentukan tujuan ini, kenali terlebih dahulu bagaimana kesehatan tubuh. Apakah tubuh Anda memungkinkan untuk melakukan diet mengecilkan perut. Apalagi jika Anda memiliki riwayat kolesterol, sakit jantung atau penyakit dalam lainnya. 

Kontrol diet harus dilakukan dengan seksama. Bahkan setelah menentukan tujuan ini Anda bisa berkonsultasi ke dokter untuk mendapatkan rencana diet mengecilkan perut yang tepat. Jangan karena orang lain berhasil, lantas Anda menirunya karena kondisi masing-masing orang berbeda. 

 Batasi atau Hindari Makanan Manis

Ada banyak makanan yang harus dihindari di usia 40 tahun ke atas apalagi jika Anda ingin mengecilkan perut. Salah satu makanan yang harus dihindari adalah makanan manis atau yang memiliki kandungan pemanis buatan. 

Gula putih adalah asupan yang jahat untuk tubuh karena ada banyak kalori yang menjadi penyebab utama perut buncit. Sedangkan pemanis buatan dapat menimbulkan perut kembung dan meningkatkan berat badan secara drastis. 

Sebaiknya untuk pemanis, Anda bisa menggunakan madu atau gula merah. Tetapi tetap batasi jumlah asupannya. 

Mengkonsumsi Suplemen

Bagi wanita yang sudah berusia 40 tahun lebih, suplemen bisa menjadi penolong yang paling utama. Mengapa? Karena suplemen akan meningkatkan metabolisme tubuh yang mulai menurun. Tubuh yang tadinya mudah flu bisa lebih tahan dari serangan virus. 

Metabolisme tubuh yang mulai melambat akan meningkat dengan adanya asupan suplemen. Untuk mengetahui suplemen manakah yang bagus, Anda bisa langsung berkonsultasi dengan dokter. 

Memilih Olahraga yang Tepat

Anda harus tahu manakah olahraga yang baik untuk usia 40 tahun keatas, karena tidak semuanya cocok. Massa otot akan berkurang seiring dengan bertambahnya usia, khususnya bagi wanita. Supaya massa otot ini tetap terjaga tubuh harus selalu bergerak. 

Rutin melakukan olahraga setidaknya setiap hari jika Anda ingin segera melihat hasilnya. Sedangkan jenis olahraga yang cocok untuk dilakukan adalah Yoga yang tidak terlalu banyak gerakan seperti aerobik. 

Yoga, selain efektif menambah massa otot juga bagus untuk memberikan ketenangan dan mengurangi stress. Perut buncit juga bisa disebabkan oleh stres akibat masalah kehidupan atau pekerjaan. 


Sarapan dengan Makanan Bernutrisi Tinggi

Sama halnya dengan diet kebanyakan yang menyarankan untuk selalu sarapan dengan rutin, bagi Anda yang ingin mengecilkan perut walaupun usia sudah 40 tahun ke atas juga harus mengikutinya. Sarapan akan mengisi energi tubuh agar energi dalam tubuh akan menjaga aktivitas tetap lancar. 

Selain itu sarapan juga akan menghindari rasa yang lapar dan pencegahan agar makan siang tidak berlebihan. Makanan yang dikonsumsi saat sarapan juga harus dipilih, bukan makanan yang mengandung karbohidrat dan mengenyangkan saja. 

Sarapan yang sebaiknya dikonsumsi adalah makanan dengan nutrisi tinggi. Misalnya saja aneka buah dan sayur. Kacang-kacangan dan biji-bijian, ikan, telur dan makanan dengan dengan kandungan protein tinggi lainnya. 

Memiliki Waktu Tidur Cukup

Perut buncit juga disebabkan karena Anda tidak memiliki waktu tidur yang cukup. Selain itu tidur setelah makan juga menjadi penumpukan lemak di perut. Apabila waktu tidur kurang seperti di bawah 5 jam maka masalah yang terjadi adalah pada hormon. 

Perubahan hormon ini bisa menimbulkan masalah, yaitu berat badan naik drastis dan mencapai obesitas. Jika masalah ini sudah timbul, maka akan lebih sulit mengatasinya. Waktu yang tepat untuk tidur setiap harinya adalah enam hingga tujuh jam. Apalagi jika Anda mengalami keluhan akibat menopause, ini bisa menambah masalah.

Ditambah lagi jika aktivitas fisik sehari-hari yang Anda lakukan termasuk tinggi. Maka waktu tidur yang cukup panjang ini harus benar-benar diterapkan. Setelah tidur nyenyak pikiran akan menjadi segar dan hilang rasa stres. 

Semua cara jitu mengecilkan perut usia 40 tahun ke atas ini bisa Anda lakukan dengan rutin. Konsisten dengan menjalaninya akan membuat perut lebih cepat rata. Selain itu gaya hidup sehat lama kelamaan juga akan diterapkan tanpa sadar. Anda tidak akan bermasalah lagi dengan perut buncit yang membuat kepercayaan diri menurun.