imun-tubuh-kuat

Wabah Covid-19 memasuki bulan keempat. Di beberapa negara belum ada tanda-tanda penurunan jumlah penderita dan korban jiwa. Kecenderungan yang  belum menurun ini bisa memicu perasaan was-was dan takut.

Bukan hanya masalah penyakitnya yang membuat orang menjadi takut dan gelisah, namun juga karena sebagian penduduk dunia saat ini mengalami masa karantina yang tak jelas kapan berakhirnya.

Perpanjangan demi perpanjangan masa karantian memaksa jutaan orang untuk berhenti bergerak dari satu tempat ke tempat lain.

Ada yang dikarantina di rumah, ada juga yang mengalami pembatasan pergerakan dalam skala besar di kota.

Tinggal di rumah saja pun kini bisa memicu stres, bahkan depresi. Jenuh, merasa sendirian dan perarasaan negatif lainnya bisa menimbulkan dampak yang kurang baik.

Para ahli telah mengetahui bahwa stres bisa menurunkan kekebalan tubuh. Padahal di saat wabah seperti ini imun tubuh yang kuat sangatlah diperlukan.

Stres Dan Soal Imun Tubuh


Sebelum membahas cara meningkatkan imun tubuh, ada baiknya kita bahas dulu mengenai stres. Apa itu stres?
Stres adalah reaksi tubuh terhadap perubahan. Stres dipicu oleh pikiran yang timbul saat seseorang putus asa, marah atau bahkan saat bersemangat.

Ternyata bukan hanya pikiran negatif yang bisa memunculkan stres, perasaan gembira pun bisa melahirkan stres.

Ciri-ciri tubuh yang stres antara lain: tekanan darah meningkat, jantung berdegup lebih kencang, napas lebih cepat.

Akibat yang ditimbulkan bisa bermacam-macam, seperti sulit tidur, kehilangan nafsu makan, mengalami perubahan perilaku, suasana hati sangat cepat berubah.

Sebetulnya stres bisa berakhir saat penyebabnya menghilang. Namun stres juga menurunkan imun tubuh sebab stres memicun keluarnya hormon adrenalin dan kortisol yang, antara lain, menekan jumlah sel darah putih.

Lalu, Bagaimana Agar Kita Tetap Memiliki Imun Tubuh yang Kuat? 


Konsumsi Makanan Bergizi

imun-tubuh
Sayur dan buah bisa menguatkan imun tubuh

Perbanyak makan makanan yang mengandung vitamin dan serat. Tubuh yang sehat bisa membantu kita tetap fit saat mengalami perubahan.

Hindari makanan dan minuman yang terlalu banyak mengandung gula dan kurangi makanan olahan serta gorengan.

Buah dan sayur bisa jadi pilihan utama. Kita ingin tetap sehat, bukan?

Berhenti Mencari Berita Tentang Covid-19

Lupakan angka-angka. Meng-update jumlah penderita, PDP, ODP dan bahkan jumlah orang meninggal akibat Covid-19 justru akan memperburuk suasana hati kita.

Hindari pula menghitung-hitung kapan wabah ini berakhir.

Tanpa kita pantau pun wabah ini akan terus berjalan dan nantinya akan berhenti bila sudah tiba saatnya.

Bukan berarti kita cuek atau tidak mau tahu, tetapi bila kita bukan pemegang kekuasaan, cukuplah kita mengetahui hal-hal mendasar seperti cara mencegah tertular virus corona atau langkah awal bila ada orang di sekitar kita yang positif Covid-19.

Melakukan Hal-Hal yang Menyenangkan

Salurkan energi kita ke hal-hal menyenangkan. Bila dulu ingin memasak kue, misalnya, kini saat yang tepat untuk mencoba resep masakan yang selama ini hanya tersimpan di folder ponsel.

Menemukan hobi baru juga bisa membantu kita terhindar dari stres.  Carilah ilham di YouTube atau Instagram. Ada banyak hal baru yang bisa kita coba.

Ikuti kegiatan komunitas daring sesuai passion. Banyak aktivitas di dunia maya yang bisa kita jadikan teman pengusir stres.

Menerima Keadaan Sebagai Sesuatu yang Tidak Terelakkan

Terimalah keadaan ini sebagai sesuatu yang sudah digariskan Tuhan. Perbanyaklah quality time dengan-Nya. Berpikirlah positif bahwa ini cara Tuhan mendekatkan kita kepada-Nya.

Lakukan ibadah dengan sepenuh hati dan tepat waktu. Ini saat yang tepat untuk bersedekah, membantu sesama dan memperdalam ilmu agama termasuk di dalamnya membaca dan menghafal Al-Quran.

Pasrahkan diri kepada Tuhan dan yakinlah bahwa Dia akan mengangkat wabah ini di saatnya nanti.

Lakukan Kegiatan Fisik yang Menyenangkan

imun-tubuh-corona
Olahraga agar imun tubuh kuat

Berolahraga ringan di rumah sangat mungkin dilakukan saat ini. Senam Tabata misalnya, bisa dilakukan bersama keluarga ataupun sendirian.

Tujuan berolahraga di sini selain untuk membakar kalori agar tak menumpuk, juga bisa menyebabkan badan bugar dan pikiran rileks.

Membersihkan rumah, meskipun menghasilkan banyak keringat bukan termasuk olahraga. Pilihlah olahraga yang benar-benar olahraga.

Lakukan Kegiatan yang Menambah Nilai Kita

Saat suasana normal dulu mungkin ada dari kita yang bercita-cita belajar tentang pemrograman, namun selaliu tak ada waktu untuk melakukannya.

Sekarang saatnya. Upgrade skill kita sehingga saat nanti wabah berlalu dan kehidupan berjalan normal kembali, kita punya nilai tambah.

Rencanakan Kegiatan yang Akan Dilakukan Saat Wabah Telah Berlalu

imunitas-tubuh
Rencanakan sesuatu yang menyenangkan agar imun tubuh kuat

Agar pikiran selalu positif, ada baiknya merencanakan (atau sekadar mengangankan) hal-hal menyenangkan yang akan kita lakukan saat wabah telah pergi.

Traveling, misalnya.

Tak perlu yang muluk-muluk. Mengunjungi sanak kerabat mungkin jadi pilihan nomor satu.

Lanjutkan dengan bertamasya ke objek wisata terdekat.

Atau ada yang berencana menikah seusai wabah? Ehem.

Silaturahmi Dengan Keluarga Secara Daring

Untuk membunuh rasa sepi atau mengobati rindu, ada baiknya kita menelepon orang tua atau sanak keluarga yang tak bisa kita temui dalam waktu dekat ini.

Kita tak bisa pulang kampung, bukan?

Inilah saat yang tepat untuk menyapa mereka yang nun jauh di sana. Mereka pun sangat mungkin juga merasakan hal yang sama.

Menemukan ikatan batin dengan keluarga bisa menimbulkan rasa nyaman dan aman. Ini sangat baik untuk menjaga hati tetap optimis dan gembira yang ujungnya adalah mampu meningkatkan imun tubuh.

Hindari Hal-Hal Berikut Agar Imun Tubuh Kuat


Selain upaya menjaga dan meningkatkan imun tubuh, seyogianya kita menghindari kegiatan yang bisa mengganggu kesehatan.

Hindari kerumunan apapun bentuknya.

Rencanakan belanjaan agar saat keluar untuk ke keramaian kita tidak berlama-lama di sana.

Jaga jarak dengan orang lain, meski itu tetangga kita.

Lakukan ibadah di rumah saja sesuai anjuran pemerintah dan pemuka agama.

Hindari rokok dan asap rokok sejauh mungkin. Covid-19 ini merusak saluran pernapasan, sehingga janganlah kita menambah beban paru-paru dengan sampah dari rokok.

Hindari begadang dan kurang tidur. Kurangi kebiasaan nonton film hingga larut malam.

Yuk, jaga diri agar terhindar dari stres, biar tetap sehat dan imun tubuh kuat!